PENYEBAB RASA SAKIT DIPERUT KETIKA HARI PERTAMA DATANG HAID



Nyeri haid kerap menjadi keluhan yang dirasakan kaum wanita saat hari pertama datang bulan. Nyeri haid atau dismenorrhea sendiri berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti aliran menstruasi yang sulit. Dismenorrhea dapat dibahagi menjadi dua kategori besar, iaitu primer dan sekunder.

"Dismenorrhea primer didefinisikan sebagai nyeri haid yang timbul tanpa adanya kelainan pada organ reproduksi," tutur dr Hari Nugroho SpOG seperti dikutip dari buku 'Nyeri Haid Tidak (Selalu) Normal' yang disusun tim GMITS (Gynecologic Minimally Invasive Treatment Surabaya-www.trust-gmits.com).

"Dismenorrhea primer disebabkan oleh aktivitas otot rahim yang pada akhirnya mengakibatkan kurangnya pasukan darah ke dalam otot rahim (iskemia) dan menimbulkan rangsangan nyeri," lanjut dr Hari.

Sejatinya, saat mentruasi terjadi pelepasan sel endometrium atau sel pelapis sisi dalam rahim. Nah, sel endometrium ini sesaat sebelum terjadi menstruasi akan menebal akibat rangsangan hormon estrogen dan progesteron dari indung telur atau ovarium. Tujuan penebalan sel endometrium yakni sebagai penangkap embrio yang merupakan hasil pembuahan sperma dan sel telur.


Jika terjadi kehamilan, penebalan sel endometrium juga brfungsi sebagai tempat menempel dan tumbuhnya janin. Nantinya, kehamilan yang terjadi akan mempertahankan sel endometrium. Lantas, bagaimana jika tidak terjadi kehamilan?

"Indung telur tidak dapat menghasilkan estrogen dan progesteron terus menerus sehingga turunnya kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh akan mengakibatkan lepasnya sel-sel endometrium keluar rahim, dan terjadilah perdarahan yang kita kenal sebagai menstruasi," tutur dr Hari.

Lepasnya sel endometrium akan melepaskan hormon yang disebut prostaglandin. Adanya hormon prostaglandin ini akan mengakibatkan kontraksi dari otot rahim yang dapat berlangsung beberapa minit dan dapat meningkatkan tekanan di dalam rahim hingga lebih dari 60 mmHg. Namun, patut diingat bahawa ada pula beberapa faktor lain yang juga dapat menyebabkan nyeri haid.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Penaja

insan yang cintakan ilmu

Pengikut