LELAKI KURANG KELUARKAN SPERMA MUDAH MENGHIDAP DIABETIS



 Sebuah penelitian mengaitkan kesuburan laki-laki dengan risiko gangguan metabolisme. Ketika produksi spermanya rendah, seorang laki-laki lebih mudah mengalami diabetes.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Clinical Endocrinology ini membuktikan sepertiga laki-laki dengan masalah kesuburan punya kadar gula darah yang tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki densitas atau kepadatan mineral tulang yang lebih rendah.

Ini bererti, laki-laki dengan kadar hormon seksual yang rendah lebih berisiko mengalami diabetes atau penyakit gula. Kaitannya dengan densitas mineral, laki-laki dengan produksi sperma yang rendah juga lebih rentan mengalami osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Meski ada kaitan, adanya hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum boleh dipastikan. Namun dalam berbagai penelitian sebelumnya, masalah kesuburan yang berhubungan dengan kondisi hormonal juga dikaitkan dengan harapan hidup yang lebih rendah.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron yang rendah merupakan penanda buruknya kesihatan umum pada laki-laki dewasa," kata para peneliti dalam laporannya, dipetik dari WebMD, Selasa (24/3/2016).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Penaja

insan yang cintakan ilmu

Pengikut