PERTANYAAN ANAK GADIS ANDA TENTANG PAYUDARA MEREKA YANG MULAI TUMBUH



Terkadang pada keadaan tertentu para anak gadis belum dapat membezakan keadaan payudaranya normal atau tidak. Apalagi bagi para remaja yang tentunya masih belum banyak pengetahuan mengenai payudara.

Apakah selama ini para kaum Hawa cukup mengerti dengan bahagian istimewa dari tubuhnya, iaiyu payudara?

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak remaja puteri sekitar pertumbuhan payudaranya.

1. Apakah besar payudara tika dewasa boleh diprediksi?

Jawaban: Ukuran payudara terutama ditentukan oleh gen dan berat badan. Misalnya, jika seorang ibu memiliki payudara yang kecil dan jika anaknya tidak memiliki banyak lemak tubuh, maka kemungkinan juga akan memiliki payudara yang kecil.

2. Apakah melakukan latihan (olahraga) boleh membuat payudara lebih besar?

Jawaban: Anda mungkin pernah mendengar bahawa beberapa produk, seperti krim khusus, atau latihan akan membuat payudara lebih besar, tetapi sebenarnya tidak. Jika tidak puas dengan ukuran payudara, mungkin dapat disamarkan dengan beberapa gaya baju atasan atau gaun yang lebih bagus daripada yang lain atau dapat mencuba mengenakan bra dengan span (bantalan).

Sebagian besar payudara terdiri dari lemak, kelenjar dan saluran, sedangkan di sebelah bawah payudara terdapat otot dada. Dengan melakukan beberapa olahraga untuk payudara seperti push up maka otot dada ini akan dibangun sehingga membuat payudara terlihat lebih membusung dan naik jadi seakan-akan terlihat besar.

3. Apakah payudara dapat terus tumbuh hingga akhir remaja?

Jawaban: Setiap gadis memilki perkembangan fizik yang berbeza, jadi jangan khuartir jika payudara Anda tidak tumbuh secepat teman Anda. Payudara dapat terus tumbuh hingga remaja akhir atau bahkan hingga awal usia 20-an tahun.

4. Apakah normal apabila salah satu payudara menjadi lebih besar daripada yang lain?

Jawaban: Payudara dapat berkembang dengan kecepatan yang berbeza, sehingga sangat normal bagi seseorang yang memiliki salah satu payudara lebih besar. Jika masalah penampilan, maka dapat diatasi dengan mengenakan bra dengan span atau dengan bantalan di satu sisi.

5. Apakah memakai bra yang terlalu kecil dapat mencegah pertumbuhan payudara?

Jawaban: Gen dan hormon merupakan pengontrol pertumbuhan payudara, sehingga apabila memakai bra yang terlalu kecil atau sesak tidak serta merta menghambat pertumbuhan payudara. Namun, sebaiknya tetap menggunakan bra yang nyaman dan memberikan cukup dukungan agar payudara tidak bergerak berlebihan.

6. Kenapa perempuan harus memakai bra cocok dan sesuai ukuran?

Jawaban: Bra yang sesuai ukuran akan membuat payudara terlihat lebih baik, dapat membantu mencegah cedera pada jaringan payudara, dapat membuat postur terlihat lebih baik.

Selain menjaga payudara pergerakan yang berlebihan, bra dengan ukuran yang sesuai dapat meningkatkan bentuk dan penampilan. Selain itu juga dapat mencegah cedera pada jaringan payudara dan membuat postur terlihat lebih baik.

Bra yang dikenakan dengan ukuran yang kurang sesuai dapat menyebabkan masalah punggung, ketegangan otot, dan sakit kepala.

7. Untuk mengetahui ukuran payudara ketika membeli bra, apakah dapat dengan melingkarkan meteran di bagian payudara?

Jawaban: Cara yang paling akurat untuk menentukan pengukuran payudara adalah dengan melingkarkan pita pengukur tepat di bawah payudara yakni di sekitar tulang rusuk dan punggung. Meteran harus rata dan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Tambahkan 5 inci untuk mendapatkan ukuran payudara.

8. Apakah perlu tahu ukuran payudara untuk mengetahui ukuran cup bra?

Jawaban: Benar, untuk mengetahui ukuran cup bra, lingkarkan pita pengukur di bagian sepenuhnya pada payudara, dan kurangilah pengukuran tersebut untuk mendapatkan ukuran payudara. Hasil pengukuran tersebut, antara lain:
- Selisih < 1 inci, berarti ukuran cup adalah AA
- Selisih 1 inci, berarti ukuran cup A
- Selisih 2 inci, berarti ukuran cup B
- Selisih 3 inci, berarti ukuran cup C

9. Apakah sport bra merupakan jenis bra yang baik untuk dipakai pertama kali?

Jawaban: Benar, Bra olahraga memang dirancang untuk mencegah payudara bergerak terlalu banyak ketika olahraga. Sehingga jenis bra olahraga dapat dijadikan bra pertama yang baik bagi banyak gadis kerana payudara masih agak datar.

10. Apakah beberapa perempuan memiliki rambut sekitar puting mereka?

Jawaban: Benar, kerana faktor genetik dan hormon, beberapa anak perempuan memiliki rambut yang lebih banyak pada tubuh mereka dibandingkan dengan yang lain.

Pertumbuhan rambut tersebut dapat mencakup daerah di sekitar puting. Jika ingin menghilangkan rambut ini, dapat mencoba tweezing atau waxing, atau berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan lain, seperti elektrolisis atau perawatan laser (meskipun mahal).

11. Apakah payudara yang nyeri selalu merupakan tanda adanya masalah medis?

Jawaban: Salah. Merupakan hal yang wajar jika merasakan rasa sakit atau nyeri di payudara, terutama ketika payudara mulai bertumbuh atau selama periode haid. Kerana nyeri payudara sering menjadi bagian dari sindrom pramenstruasi (PMS).

Nyeri tersebut dapat disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Gejala PMS yang lain juga dapat termasuk kram, sakit kepala, dan perubahan suasana hati. Tapi pembengkakan dan kelembutan pada payudara dapat terjadi karena alasan lain, termasuk kehamilan. Penting untuk mengetahui kondisi normal atau abnormal, sehingga dapat segera berkonsultasi dengan dokter jika terjadi tanda-tanda yang tidak biasa.

12. Apakah remaja tidak perlu melakukan pemeriksaan payudara sendiri?

Jawaban: Salah karena yang benar remaja bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Pemeriksaan payudara sendiri dapat membantu perempuan menemukan kista atau masalah payudara non-kanser lainnya jika ada perubahan yang tidak biasa pada payudara. Selain itu, juga dapat membantu mendeteksi kanker payudara.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Penaja

insan yang cintakan ilmu

Pengikut