AWAS!!KANSER RAHIM MENYEBABKAN MENOPAUSE MUDA





Birmingham, Januari tahun lalu, Kayleigh Wadhams dan pasangannya sedang mencuba berbagai prosedur untuk memiliki anak. Namun, keadaan wanita 26 tahun itu memburuk kerana ia mengalami perdarahan disertai gejala lainnya.

Setelah pemeriksaan doktor dibuat, perdarahan tersebut diduga kuat berhubungan dengan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) yang diidap Kayleigh. Gejala lain yang kerap dikeluhkan Kayleigh yakni perdarahan setelah berhubungan intim, keluarnya cairan vagina yang abnormal, nyeri saat bercinta, dan rasa sakit di area pinggul.

Doktor tidak pernah curiga bahawa Kayleigh terkena kanser rahim, mengingat usianya yang masih amat muda. Apalagi, umumnya kanser rahim biasanya dihidap mereka yang berusia di atas 50 tahun. Meski demikian, keadaan Kayleigh tak segera membaik hingga ia memutuskan berganti doktor.

"Saat itu baru saya diminta menjalani pap smear dan diketahui ada sel prakanser dan saya menjalani operasi. Sempat membaik, tapi di bulan September 2015 lagi-lagi saya mengalami perdarahan. Hingga di bulan Desember, doktor kandungan melakukan histeroskopi dan saya didiagnosis kanser rahim," ujar Kayleigh.

Dpetik dari Daily Mail, Isnin (21/3/2016),  8 Februari lalu akhirnya Kayleigh memutuskan menjalani operasi pengangkatan rahim atau histerektomi. Dengan diangkatnya rahim Kayleigh, ia sudah tidak memiliki peluang lagi untuk memiliki anak.

"Tidak ada satupun sel telur saya yang berhasil disisakan. Sehingga, mustahil bagi saya untuk mendapat keturunan yang berasal dari sel telur saya sendiri," tambah Kayleigh.

Kini, di usia 26 tahun Kayleigh juga sudah menopause. Berbagai gejala yang menyertai wanita saat memasuki masa menopause juga ia alami. Berkeringat di malam hari, perubahan emosi, dan tidak bisa tidur dialami Kayleigh. Jika ia tidak mendapat terapi hormon, tulang rapuh yang berlanjut pada osteoporosis juga tak mustahil ia alami.

Sampai saat ini, doktor juga tidak tahu apa penyebab Kayleighboleh terkena kanser rahim di usia semuda itu. Kayleigh sendiri memperingati kepada wanita lain supaya waspada dengan perdarahan atau gangguan lain pada sistem reproduksinya. Kini, teman dan keluarga Kayleigh tengah mengumpulkan dana supaya Kayleigh dan pasangannya boleh berlibur dan sebahagian dana akan disumbangkan ke Cancer Research UK.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Penaja

insan yang cintakan ilmu

Pengikut